Sebelum membahas apa
perbedaan antara e-commerce dengan e-business mari kita membaca sambil memahami
penjelasan tentang -commerce dan e-business terlebih dahulu
E-Commerce
E-commerce merupakan kepanjangan dari Electronic Commerce
yang berarti perdagangan yang dilakukan secara elektronik. Seperti halnya e-mail
(Electronic Mail) yang artinya sudah diketahui yaitu pengiriman surat
secara elektronik. Dalam buku Introduction to Information Technology, e-commerce
berarti perdagangan elektronik yang mencakup proses pembelian, penjualan,
transfer, atau pertukaran produk, layanan, atau informasi melalui jaringan
computer, termasuk Internet (Turban, 2005:181).
Apabila dipilah e-commerce terdiri dari
huruf e yang berarti elektronik dan commerce yang berarti
perdagangan. Pada perdagangan konvensional dikenal adanya penjual dan pembeli,
lalu perdagangan sesungguhnya ada barang atau jasa yang dijual dan tentu ada
pembelinya. Kata ‘perdagangan’ itu sendiri berdiri dengan arti sekedar tawar
menawar antara penjual dan pembeli, lalu apabila keduanya sepakat maka barulah
dilakukan transaksi. Perdagangan yang seperti ini terjadi hanya ‘sesaat’ dan
tidak ada relasi yang berarti antara penjual dan pembeli, dalam hal ini
perdagangan hanyalah sekedar kegiatan menjual dan membeli.
E-Business
Ketika orang mengatakan “saya ada bisnis orang itu,” tentu saja banyak orang
berpikir bahwa kegiatan yang akan dilakukan adalah kegiatan yang merupakan
transaksi dan berisi tentang penjualan dan pembelian barang, padahal kegiatan
yang akan dilakukan belum tentu seperti yang orang pikirkan. Kegiatan berbisnis
bukan hanya kegiatan demi mencari keuntungan berupa uang tetapi juga keuntungan
yang bersifat abstrak seperti reputasi, kemitraan, dan kepercayaan dalam
bertransaksi.
E-business memiliki karakteristik tujuan yang sama dengan bisnis
secara konvensional, hanya saja e-business memiliki scope yang
berbeda. Bisnis mengandalkan pertemuan antar pebisnis seperti halnya rapat
ditempat khusus, atau sekedar untuk berkenalan dengan partner bisnis,
sedangkan e-business mengandalkan media Internet sebagai sarana untuk
memperoleh tujuannya. Menurut Turban, e-business atau bisnis
elektronik merujuk pada definisi e-commerce yang lebih luas, tidak
hanya pembelian dan penjualan barang serta jasa, tetapi juga pelayanan
pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis, e-learning, dan transaksi
elektronik dalam perusahaan (2005:182).
Setelah membaca dan sedikit memahami penjelasan dari para ahli diatas dapat
kita simpulkan bahwa :
“E-commerce dan e-business” juga memiliki kesamaan tujuan
utama yaitu memajukan perusahaan menjadi perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya.
E-commerce dan “e-business” merupakan terobosan yang dapat
mendongkrak penjualan melalui “online marketing” dan sebagai sarana
mempromosikan produk melalui media Internet.
Dan sekarang adalah perbedaan yang mendasar antara “e-commerce” dan
“e-business” adalah bahwa tujuan “e-commerce” memang
benar-benar “money oriented” (berorientasi pada perolehan uang),
sedangkan “e-business” berorientasi pada kepentingan jangka panjang
yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap
konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah
sosial lainnya.
Sumber :
- Turban, Efraim, Kelly Rainer dan Richard E. Potter. 2005. Introduction to Information Technology,
diterjemahkan oleh Deny Arnos Kwary dkk. dengan judul Pengantar Teknologi Informasi,
Jakarta: Salemba Infotek, 2006.
- http://aprillins.com/2009/855/perbedaan-antara-e-commerce-dengan-e-business/
No comments:
Post a Comment